MEWASPADAI TIPU DAYA SYETAN

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Edukasi,- Dalam Al-Qur’an, Allah SWT mengingatkan kita dalam 7 ayat-Nya bahwa syetan adalah “aduwwum mubin” musuh yang nyata. Yaitu pada surat Al-Baqarah ayat 168, Al-Baqarah ayat 208, Al-An’am ayat 142, Al-A’raf ayat 22, Yusuf ayat 5, Yasin ayat60, dan Az-Zukhruf ayat 62.Terkadang Allah  mengingatkan  secara  umum  kepada  manusia,  karenanya  beliau memakai khitab “Ya ayyuhan naas” seperti pada QS. Al-Baqarah ayat 168: Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi,  dan  janganlah  kamu  mengikuti  langkah-langkah  syaitan;  karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu. (QS. Al-Baqarah : 168). Dan terkadang Allah mengingatkan kaum mukmini secara khusus. Dalam hal ini Dia memakai khitan “Yaa ayyuhal ladziina aamanu” seperti dalam QS. Al-Baqarah ayat;208:Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. (QS. Al-Baqarah : 208)

Syetan merupakan musuh yang nyata bagi manusia ini telah memproklamirkan diri sejak  diusir Allah  dari  surga.  Dan  karenanya  Iblis  beserta  bala  tentaranya  akan berupaya menggoda manusia dengan berbagai cara.Iblis menjawab: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat). (QS. Al-A’raf : 16-17).

Ada beberapa tipu daya Syetan dalam menggoda manusia yang diungkap dalam Al-Qur’an dan hadits:

  1. Syetan menggoda  manusia  agar  parsial  dalam  memahami  dan

Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. (QS. Al-Baqarah : 208).

  1. Syetan menanamkan permusuhan kepada sesama manusia

Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan shalat; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu). (QS. Al-Maidah : 91)

  1. Syetan menggoda agar manusia lupa kepada Allah

Syaitan telah menguasai mereka lalu menjadikan mereka lupa mengingat Allah; mereka itulah golongan syaitan. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya golongan syaitan itulah golongan yang merugi (QS. Al-Mujadilah : 19).

  1. Syetan mengajak berpaling dari syariat Allah

Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Quran), kami adakan baginya syaitan (yang menyesatkan) maka syaitan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya. (QS. Az-Zukhruf : 36)

  1. Syetan mengajak orang taklid

Dan  apabila  dikatakan  kepada  mereka:  “Ikutilah  apa  yang  diturunkan  Allah”. Mereka menjawab: “(Tidak), tapi kami (hanya) mengikuti apa yang kami dapati bapak-bapak kami mengerjakannya”. Dan apakah mereka (akan mengikuti bapak- bapak mereka) walaupun syaitan itu menyeru mereka ke dalam siksa api yang menyala-nyala (neraka)? (QS. Luqman : 21)

  1. Syetan menunggangi tukang sihir dan paranormal untuk menyesatkan manusia

Sesungguhnya Iblis meletakkan singgasananya di atas air, lalu mengutus bala tentaranya, maka yang paling dekat dengan Iblis yang paling besar menggodanya. Lalu  salah  satunya  datang  dan  berkata:  “Aku  telah  berbuat  ini  dan  itu”.  Iblis berkata: “kamu belum berbuat apa-apa”. Kemudian datang yang lain. Dia berkata: “Tidaklah aku meninggalkan mereka sehingga aku mampu memisahkan antara dia dan istrinya”. Lalu iblis mendekatinya dan berkata: “Kamu adalah sebaik-baik pengikutku” (HR. Muslim)

  1. Syetan menimbulkan was-was dan ragu-ragu

Datang syetan kepada salah satu diantara kalian, lalu bertanya: “Siapa yang menciptakan ini dan ini, bahkan sampai bertanya siapa yang menciptakan Rabbmu” Maka jika datang was-was demikian berlindunglah kepada Allah dan hentikan (berpikir demikian). (HR. Muslim)

  1. Syetan menunggangi ulama su’ (sesat) dan para pendusta agama

Akan ada pada hari akhir umatku ini manusia menceritakan hadits kepadamu, kamu dan ayahmu, tidak pernah mendengar sebelumnya, maka berhati-hatilah kamu dan waspadalah dengan mereka. (HR. Muslim)

Abdullah r.a. berkata: sesungguhnya syetan akan menjelma manusia lalu dia datang kepada suatu kaum lalu bercerita kepada mereka dengan membawakan hadits palsu, sehingga mereka berpecah belah, lalu ada yang berkata: “aku mendengar orang berbicara, aku tahu wajahnya akan tetapi aku tidak tahu namanya ketika menyampaikan hadits.” (HR. Muslim)

  1. Syetan menggoda dengan menyebar fitnah

Janganlah   salah   seorang   diantara   kamu   mengacungkan   alat   tajammu   ke saudaranya, karena dia tidak tahu barangkali syetan akan mencabut alat tajam itu dari  tangannya  lalu  mengena  kepada  kawannya  lalu  dia  masuk  ke  jurang  api neraka. (HR. Bukhari)

  1. Syetan menggoda orang yang sedang beribadah

Aisyah r.a. pernah bertanya kepada Nabi SAW tentang hukum menoleh saat shalat, maka beliau bersabda:Dia adalah pencurian syetan. Syetan itu mencuri shalat salah satu diantara kalian.(HR. Bukhari)

  1. Syetan menggoda lewat mimpi

Mimpi yang baik itu datangnya dari Allah dan mimpi jelek itu dari syetan. Maka jika salah satu diantara kamu bermimpi jelek dan merasa ketakutan segeralah meludah ke sebelah kiri dan berlindung kepada Allah dari kejelekan mimpi. Sesungguhnya yang demikian itu tidak membahayakan. (HR. Bukhari).

Godaan syetan yang demikian gencar membuat kita harus waspada dan membekali diri  agar  tidak  masuk  dalam  perangkapnya.  Maka  kita  harus  senantiasa  berdoa kepada Allah agar dijauhkan dari godaan syetan, bertawaudz, sering beristighfar, meningkatkan ibadah dan berupaya menjaga iman dan taqwa kita.

Demikianlah diantara upaya syetan menggoda manusia. Marilah kita mewaspadai godaan-godaan itu. Semoga kita diselamatkan Allah dari itu semua.

Share.

Comments are closed.