Pertama di Indonesia Bandara AP II Punya Biosafety Management Perkuat Protokol Pencegahan COVID-19

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +
BENGKULU– PT Angkasa Pura II (Persero) KC Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (K3 Nasional) dengan menggelar kampanye keselamatan (safety campaign) untuk memperkuat protokol kesehatan pencegahan COVID-19.
Bulan K3 Nasional yang dicanangkan pemerintah pada 12 Januari – 12 Februari 2021 mengusung tema Penguatan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berbudaya K3 Pada Semua Sektor Usaha.
Guna mendukung pelaksanaan dan tema Bulan K3 Nasional 2021 tersebut, PT Angkasa Pura II menggelar Ramp Safety Campaign (RSC) dan Terminal Safety Campaign (TSC) serta Bulan K3 Nasional 2021 di 19 bandara termasuk di KC. Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu pada 28 Januari – 4 Februari 2021 dengan mengusung sub tema “Safety From Hazard Intervention & Ensuring Less of Disease” atau disebut dengan SHIELD.
“Program SHIELD ini untuk memperkuat 3C [Coordination, Communication dan Collaboration] antar stakeholder bandara agar protokol pencegahan COVID-19 dapat selalu berjalan baik, serta memastikan aspek keamanan, kesehatan dan keselamatan dapat selalu meningkat di bandara,” jelas Heru Karyadi
Program SHIELD ini juga untuk mendorong kesiapan dan kesigapan penerapan penuh Biosafety Management.
Keberadaan SHIELD Inspector untuk mengawasi Biosafety Management ini juga merupakan pertama kali di bandara-bandara di Indonesia, di mana terdapat personel bertugas khusus mengawasi, menganalisis, serta mengevaluasi protokol pencegahan COVID-19.
Heru Karyadi menyampaikan, SHIELD Inspector melaporkan penerapan Biosafety Management secara digital melalui fitur SIR (Safety Inspection Report) di aplikasi web, sehingga dapat langsung ditindaklanjuti secara cepat apabila ada temuan di lapangan.
Lebih lanjut, SHIELD membuat Bandara Fatmawati Soekarno yang dikelola oleh PT. AP II dapat optimal dalam mewujudkan bandara berbasis protokol yang fokus pada kebersihan (cleanliness), kesehatan (health), aman (safety) dan higienis dan mendukung kelestarian lingkungan (environment sustainability).
Adapun di samping program SHIELD, di tengah Bulan K3 Nasional 2021 ini AP II juga meluncurkan akreditasi Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE) bagi tenant komersial di bandara.
Akreditasi diberikan kepada tenant yang menjalankan penuh protokol misalnya, staf/pekerja harus melakukan pengecekan kesehatan rutin seperti pengukuran suhu tubuh dan wajib menggunakan masker. Lalu, tenant juga harus menyediakan hand sanitizer, memiliki pilihan transaksi secara nontunai (cashless), menerapkan prosedur physical distancing, dan melakukan disinfeksi berkala di area komersial.
Melalui momentum Bulan K3 Nasional 2021 yang diikuti dengan program SHIELD dan Biosafety Management serta CHSE Accredited, bandara AP II dapat menjaga dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sektor penerbangan nasional. Tahun ini, jumlah penumpang di bandara AP II diperkirakan meningkat.
Adanya peningkatan penumpang ini harus diikuti peningkatan kesiapan dan kesigapan operasional serta protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19.(Rls)
Share.

Comments are closed.